Kamis, 09 April 2015

Sekilas tentang Analis Kesehatan

SEKILAS TENTANG ANALIS KESEHATAN

Saya adalah murid di SMKF Bhakti Kencana Bogor,Saya mengambil jurusan Analis kesehatan.Mungkin memang tidak banyak yang tahu profesi ini,tapi percayalah Analis kesehatan itu seru…Banyak hal yang kita bisa tahu,mulai dari bakteri yang sangat kecil,melihat telur-telur cacing,melihat sel-sel darah,dsb.Banyak pengalaman-pengalaman yang akan saya ingat selama belajar di SMKF jurusan Analis ini,dari yang tidak tahu apa-apa tentang Analis kesehatan sampai yang banyak tahu seperti ini.Profesi Analis itu bekerja menganalisa darah,sputum,feses,urine,cairan otak,sperma,dsb.
Analis Kesehatan adalah profesi yang bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.Analis Kesehatan ini sangat penting untuk menunjang diagnosa seorang dokter.
Yang selama hampir 2 tahun ini saya pelajari di SMK jurusan Analis adalah,Parasitolgi:Parasitologi ini mempelajari tentang parasit,seperti cacing,protozoa,fungsi,dsb.Hematologi:Mempelajari tentang darah,seperti menghitung sel-sel darah,menghitung LED(laju endap darah),pemeriksaan hematokrit,pemeriksaan hemoglobin,dsb.Bakteriologi:mempelajari tentang bakteri,seperti menghitung BTA(bakteri tahan asam),uji motilitas bakteri,uji ketahanan suhu dan ph pertumbuhan bakteri terhadap lingkungan,dsb.Kimia urin:Praktikum ini menggunakan sampel urin.Praktikum kimia urin ini mempelajari,pemeriksaan mikroskopik urin,makroskopik urin,px protein urin,dsb.Kimia darah,praktikum ini juga memakai darah sebagai sampel,tetapi yang membedakan nya dengan praktikum hematologi yaitu kimia darah lebih banyak memakai bahan-bahan kimia untuk pemeriksaannya,di kimia darah ini mempelajari SGPT,SGOT,gula darah,ALP,px kolesterol,dsb.




Berikut saya tampilkan dokumenter sewaktu saya praktik di laboratorium sekolah
 Ini sewaktu praktikum hematologi,menghitung jumlah sel darah menggunakan pipet thoma
 Ini praktikum bakteriologi,hasil penanaman bakteri dimedia agar miring
















praktikum kimia urin,pemeriksaan protein didalam urin

 Praktikum hematologi,bagian atas itu plasma darah sedangkan warna merahnya itu darah

 ini lagi ngambil darah kapiler,untuk praktikum hematokrit.



Ini sel darah leukosit ,yang bentuknya kaya gagang telpon itu eosinophil


















Ini telur cacing Trichuris trichiura(cacing cambuk),kaya tempayan gitu bentuknya,Nah yang aku suka dari foto yang diambil dimikroskop tuh gini,jadi kaya pake fish eye gitu fotonya,whuahaha=)))



Ini kamar hitung,buat ngitung sel darah.
















 Narsis dikit gpp lahya hehe,ini waktu saya lagi melakukan peremajaan bakteri.


















Ini waktu saya dan teman-teman saya kls 10,pertama kalinya bikin media bakteri:”

















Ini waktu ujian praktek pertama kali dikelas 10,bikin tutup botol;’’


Laboratorium Analis kesehatan sekolah saya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar